Hari Ibu 22 Desember

  • 7
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Hi sobat blogger melambaikan tangan tau gk sekarang lagi ngebahas apa wajah tanpa emosi (tau dong zaan..zaan, liat aja judulnya tuh) yap betul hebat sekarang kita lagi ngebahas tentang hari ibu. Jika sobat semua ditanya kapan hari ibu pasti sudah banyak yang tau dong?? Hari Ibu bertepatan pada tanggal 22 Desember. Kalau ditanya tentang sejarahnya ada yang tau gk ya tertawa hahaha pasti sobat semua tidak banyak yang tau tentang sejarah Hari Ibu kan, mari kita simak pernyataan dibawah kutu buku :




Pimpinan  perkumpulan  kaum  perempuan  tergugah untuk  mempersatukan  diri dalam satu  kesatuan wadah mandiri saat Sumpah Pemuda dan Lagu Indonesia Raya dilantunkan pada tanggal 28 Oktober 1928 dalam Kongres Pemuda Indonesia.  Pada  saat itu sebagian besar perkumpulan perempuan masih merupakan bagian dari organisasi pemuda pejuang pergerakan bangsa.


Selanjutnya, atas  prakarsa  para  perempuan  pejuang pergerakan kemerdekaan pada  tanggal 22-25 Desember 1928 diselenggarakan Kongres Perempuan  Indonesia  yang pertama kali  di  Yogyakarta.  Salah  satu  keputusannya  adalah  di bentuknya satu  organisasi bernama Perikatan  Perkoempoelan  Perempoean  Indonesia (PPPI).

Melalui PPPI terjalin kesatuan semangat juang kaum perempuan untuk secara bersama-sama kaum laki-laki berjuang meningkatkan harkat dan martabat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka, dan berjuang bersama-sama kaum  perempuan untuk meningkatkan harkat dan martabat perempuan Indonesia menjadi perempuan yang maju.

Pada tahun 1929 PPPI berganti nama menjadi Perikatan Perkoempoelan Istri Indonesia (PPII). Pada tahun 1935 diadakan Kongres Perempuan Indonesia II di Jakarta. Kongres tersebut disamping berhasil membentuk Badan Kongres Perempuan Indonesia, juga menetapkan fungsi utama Perempuan Indonesia sebagai Ibu Bangsa, yang berkewajiban menumbuhkan dan mendidik generasi baru yang lebih menyadari dan lebih tebal rasa kebangsaannya.

Pada tahun 1938 Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung menyatakan bahwa  tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu.
Tahun  1946 Badan  ini menjadi  Kongres  Wanita  Indonesia  di  singkat KOWANI, yang sampai saat  ini terus berkiprah sesuai aspirasi dan  tuntutan  zaman. Peristiwa  besar  yang  terjadi  pada tanggal  22  Desember  tersebut  kemudian  dijadikan  tonggak sejarah bagi Kesatuan Pergerakan Perempuan Indonesia.
Selanjutnya, dikukuhkan  oleh  Pemerintah  dengan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur tertanggal 16 Desember 1959, yang  menetapkan  bahwa  Hari Ibu  tanggal  22  Desember merupakan  hari  nasional  dan  bukan  hari libur. 


Pada kongres di Bandung tahun 1952 diusulkan dibuat sebuah monumen. Tahun berikutnya dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Balai Srikandi oleh Ibu Sukanto (Ketua Kongres Pertama). Kemudian diresmikan oleh Menteri Maria Ulfah (Menteri Perempuan Pertama yang diangkat tahun 1950) tahun 1956.
Akhirnya pada tahun 1983, Presiden Soeharto meresmikan keseluruhan kompleks monumen itu menjadi Mandala Bhakti Wanitatama di Jl. Laksda Adisucipto, Jogjakarta.
Sejarah tersebut juga dimuat di situs kantor www.setneg.go.id

Itu dia sobat sejarahnya Hari Ibu, sekian dulu post dari saya ya!! Bye2 melambaikan tangan !!

7 komentar:

  1. baru tau nhe,di sekolah ga diajarkan sejarah hari ibu

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. makasih sob, salam kenal juga :D

      Hapus
  3. http://luswandy-ngeblog.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. jdi awal mulanya melalui kongres perempuan indonesia ya??

    BalasHapus

Like me on Facebook
Follow me on Twitter
Recommend me on Google Plus
Subscribe me on RSS